MEDIA berpengaruh positif dan negatif: bisa bermanfaat untuk pendidikan, mendorong kemajuan, atau mengungkapkan hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui menjadi pengetahuan penting. Sebaliknya, media juga mempunyai pengaruh buruk dan merusak.

Menonton TV sepertinya menjadi hal yang cukup diminati oleh masyarakat, terutama anak-anak. Ini dianggap sebagai cara paling murah dan praktis untuk mendapatkan hiburan. Tidak hanya acara TV yang menarik untuk dilihat, bahkan maraknya media informasi saat ini membuat pertumbuhan pemasaran iklan semakin pesat.Iklan ini bersifat baik dengan memberikan pengetahuan, misalnya iklan sabun mandi untuk kesehatan, sikat gigi yang teratur, dan makanan sehat bagi tubuh. Selain itu juga memberikan informasi mengenai produk-produk baru yang sedang beredar juga berikut potongan harganya.

Sedangkan dampak negatif dari penayangan iklan di televisi adalah gaya hidup menjadi semakin konsumtif, terutama anak-anak dan remaja yang mudah terpengaruh dengan melihat tayangan iklan tersebut.  Selain itu, pengaruh buruk iklan yang salah adalah anak-anak lebih cenderung berpikir instant. Dalam arti, segala sesuatu kebutuhan dipikirkan oleh anak dapat dengan mudah mereka miliki atau ketahui, tanpa ada usaha untuk mendapatkannya. Kemudian anak-anak juga masih menghadapi kesulitan dalam membedakan antara fantasi dan kenyataan sehingga meniru adegan yang tidak patut dicontoh.