Seperti yang kita ketahui isu global warming saat ini sedang gencar-gencarnya dikampanyekan diseluruh dunia, tidak ketinggalan juga di Indonesia yang lazim dikenal dengan nama Pemanasan Global. Sebagai seorang mahasiswa/i sebaiknya kita turut mencegah global warming semakin parah. Banyak hal-hal kecil yang bisa kita lakukan namun berdampak besar bagi bumi kita tercinta🙂  Misalnya saja , membuang sampah pada tempatnya, membawa tas kain sendiri saat berbelanja sehingga kita tidak menggunakan plastik, dan yang sangat dekat dengan kegiatan mahasiswa/i sehari-hari “fotokopi yang ramah lingkungan”

Kegiatan belajar mahasiswa/i tidak luput dari kegiatan fotokopi. Bahkan, karena malas mencatat kita cenderung memfotokopi materi pelajaran yang hanya dua/tiga lembar. Dengan begitu semakin banyak pula kertas yang dikeluarkan, makanya sebaiknya kita sebagai pengguna lebih menghemat dalam penggunaan kertas. Misalnya, bila yang difotokopi hanya sedikit sebaiknya salinlah kedalam catatan dengan begitu kita dapat menghemat penggunaan kertas🙂

Selain kita, Industri fotokopi-pun bersemangat menciptakan mesin fotokopi yang ramah lingkungan. Salah satunya Xerox telah mengeluarkan produk canggih ramah lingkungan, yang disebut Erasable Paper. Produk ini adalah kertas yang dapat menghapus sendiri tulisan yang tertera padanya dalam waktu 24 jam. Karena tulisannya hanya berlaku 24 jam, maka kita harus memilih, dokumen mana yang bisa dicetak pada kertas khusus ini.

Toshiba tak mau ketinggalan. Kini, perusahaan asal Jepang tersebut mengumumkan produk mesin fotokopi yang ramah lingkungan. Mesin ini bisa menghapus tulisan yang ada di kertas, sehingga kertasnya dapat kita gunakan kembali. Mesin fotokopi ini menggunakan tinta (toner) khusus yang bila terkena panas, hasil cetakan akan hilang tanpa bekas.

Untuk membuat tulisan hilang dari kertas, mesin ini membutuhkan alat khusus yang dapat menghasilkan panas dan membuat cetakan hilang. Jadi berbeda dengan Xerox, yang menerapkan inovasi pada kertasnya, produk Toshiba ini berinovasi pada mesin, sedangkan kertas yang digunakan adalah kertas biasa. Kertas ini dapat kita gunakan kembali hungga 5 kali.

Untuk soal harga, Toshiba memang mematok harga lebih mahal sekitar 20–30% dibandingkan mesin fotokopi biasa. Namun jika Anda peduli lingkungan, sebaiknya Anda membeli produk bagus ini meski harus merogoh kocek lebih dalam. Karena menghemat kertas kan sama dengan menyelamatkan hutan.🙂

http://www.ciputraentrepreneurship.com/teknologi/5907-mesin-fotokopi-ramah-lingkungan-dari-toshiba.html