Mencari pekerjaan di jaman sekarang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Semakin banyaknya pengangguran di negara kita ini adalah salah satu bukti nyatanya. Pengangguran ini tidak hanya berasal dari mereka yang tidak mampu bersekolah, atau melanjutkan ke perguruan tinggi. Banyak diantara pengangguran itu sendiri adalah sarjana-sarjana muda yang kesulitan mencari pekerjaan. Bukan hanya karena persaingan antara pencari kerja itu sendiri, tetapi sedikitnya lapangan kerja yang tersedia menjadi salah satu penyebabnya.

Kalau sudah begitu apa yang bisa kita lakukan? Diam di rumah meratapi nasib? Bergantung kepada orang tua? tentu saja kita tidak ingin itu terjadi. salah satu caranya, kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri kita sendiri dan bagi orang lain yaitu dengan cara berwirausaha. sudah banyak yang membuktikan dan bisa sukses dengan cara ini.

Bapak Jusuf Kalla pernah berkata, ”Memulai usaha tidak perlu harus memiliki gelar terlebih dahulu, mulai saja sekarang. Yang penting ada semangat,” kata mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menjadi pembicara dalam seminar nasional tentang kewirausahaan di Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Selasa (13/9/2011).

Berwirausaha, kata Jusuf Kalla, ibarat berenang. Sebelum dapat berenang, orang boleh membaca banyak referensi mengenai teknik berenang. ”Tapi ketika masuk ke kolam, ia tetap saja tenggelam,” katanya. Wirausaha pun tidak hanya mengandalkan teori, tetapi juga praktik di lapangan sangat penting.

Beberapa sumber peluang usaha antara lain:

  1. Perubahan teknologi
  2. Perubahan kebijakan dan politik
  3. Perubahan sosial demografi

Dan Jika kita ragu untuk memulai usaha sendiri atau kekurangan modal untuk memulai, kita bisa mengajak teman ataupun saudara.  Hanya saja jangan takut untuk memulai karena dunia kewirausahaan adalah dunia ketidakpastian sementara informasi yang dimiliki oleh yang akan memulai usaha sedikit. Oleh karenanya, ‘sedikit agak gila’ (overconfidence) dan berani mengambil resiko adalah sangat perlu dilakukan. Lakukan dulu. Jalan dulu. Jika ada kesulitan, baru dicari jelan keluarnya.🙂

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/09/13/1122118/JK.Jangan.Ragu.Berwirausaha