Sebelum mengikuti ujian TOEFL, ada baiknya apabila kita terlebih tahu skill-skill apa saja yang harus dikuasai agar bisa mengikuti ujiannya dengan baik. berikut akan dibahas lima skill saja, yaitu:

SKILL 1  : Pastikan kalimat memiliki subject dan verb

STRATEGI:

1.       Pada skill 1 ini kita akan mulai dengan kalimat 1 clause (kalimat tunggal). Pastikan kalau dalam kalimat itu terdapat subyek dan kata kerjanya.

2.       Mungkin anda diminta untuk mencari subjeknya saja, atau kata kerjanya saja, atau kedua-duanya.

3.       Pastikan juga kalau dalam kalimat itu tidak terdapat subjek dan kata kerja yang berlebihan.

Contoh:

…………..was backed up for miles on the freeway

(A)   Yesterday

(B)   In the morning

(C)   Traffic **

(D)   Cars

Jawaban: C

Pada contoh ini anda harus sudah menentukan apa yang tidak ada dalam kalimat, dan segera mengetahui bahwa dalam kalimat terdapat kata kerja (was), berarti yang tidak ada subjeknya. Karena kata kerja (was) menunjukkan kata kerja tunggal, maka diperlukan subyek tunggal . Dalam pilihan jawaban  yang merupakan subyek tunggal adalah (C) Traffic, sedangkan jawaban (D) Cars merupakan subyek jamak.

SKILL 2  : Perhatikan OBJECTS OF PREPOSITIONS

Object of preposition adalah benda atau kata ganti benda yang datang sesudah preposisi (in, at, on, to, by, of, behind, about, above, across, after, against, along, among, around, as, bellow with, dan lain-lain)

Contoh:

(After his exams) Tom will take a trip (by boat)

Kalimat ini terdiri dari 2 object of prepositions. Exams adalah object of prepositions dari after dan boat adalah object of prepositions dari by.

Sebuah object of prepositions bisa membingungkan, sebab dia bisa disalah artikan sebagai subyek dalam kalimat tersebut. Tetapi yang harus anda ingat bahwa kata yang hadir sesudah preposisi (in, at, on, dll) adalah sebagai object of prepositions, jadi tidak mungkin dia berfungsi sebagai subyek.

Contoh:

With his friend …….found the movie theater

(A)   Has

(B)   He **

(C)   Later

(D)   When

Jawaban: B

Terlebih dahulu anda harus menentukan subyek dan kata kerjanya, seperti contoh di atas, kita sudah menemukan kata kerjanya yaitu found , berarti dalam kalimat itu yang tidak ada subyeknya. Jangan mengira bahwa friend adalah subyek, sebab friend adalah object of prepositions dari with. Jadi jawaban yang benar (B) he.

SKILL 3  : BE CAREFUL OF APPOSITIVES

Appositives juga bisa disalah artikan sebagai subyek dalam suatu kalimat. Appositives adalah kata benda yang datang sebelum atau sesudah kata benda lain yang mempunyai arti yang sama.

Catatan:

1.       Apabila terdapat dua tanda koma dalam satu kalimat, maka bisa dipastikan kalau subyeknya adalah yang di depan sebelum tanda koma pertama.

Contoh:  Nurul , the best student in the class, got an A on the exam.

S,                        APP,                              V

2.       Apabila terdapat satu tanda koma dalam satu kalimat, maka bisa dipastikan kalau subyeknya adalah yang ke dua setelah tanda koma.

Contoh:  A really good mechanic, Toni is fixing the car

APP,                        S         V

SKILL 4  : BE CAREFUL OF PRESENT PARTICIPLES

Present participles adalah bentuk kata kerja berakhiran –ing (talking, playing). Dia akan berfungsi sebagai kata kerja kalau di dahului oleh bentuk kata kerja be.

Contoh: The man is talking to his friend

Verb

Present participles berfungsi sebagai kata sifat (adjective) apabila dia tidak dahului oleh bentuk kata kerja be.

Contoh: The man talking to his friend has a beard

Adjective

Pada kalimat di atas talking adalah kata sifat dan bukan bagian kata kerja, karena tidak di dahului oleh bentuk be. Kata kerja dalam kalimat ini adalah has.

Contoh:

The child…………playing in the yard is my son.

(A)   Now **

(B)   Is

(C)   He

(D)   Was

Jawaban: A

Pada contoh ini, child adalah sebagai subyek, dan mungkin anda akan mengira kalau playing sebagai verb. Apabila itu terjadi mungkin anda akan memilih jawaban B atau D untuk melengkapinya, tetapi itu salah, sebab playing disini bukan sebagai kata kerja, anda harus menyimpulkan bahwa playing sebagai bagian dari kata sifat yang tidak memerlukan be dan kata kerja yang sebenarnya dalam kalimat ini adalah is. Jadi jawaban yang benar adalah (A) Now.

SKILL 5  : BE CAREFUL OF PAST PARTICIPLES

Past Participles bisa berfungsi sebagai kata sifat atau sebagai kata kerja. Dia berfungsi sebagai kata kerja jika diawali dengan have atau be, biasanya berakhiran dengan -ed, tetapi ada beberapa yang tidak beraturan (tidak berakhiran -ed)

Contoh:                The family has purchased a television

Verb

The poem was written by Sri

Verb

Pada kalimat pertama kata purchased merupakan kata kerja, karena dia hadir bersama has. Pada kalimat ke dua kata written merupakan kata kerja, karena dia hadir bersama was.

Past participles berfungsi sebagai kata sifat (adjective) jika dia hadir sendiri tanpa diawali have atau be.

Contoh:                                The television purchased yesterday was expensive

Adjective

The poem written by Linda appeared in the magazine

Adjective

Pada kalimat pertama purchased sebagai adjective sebab dia hadir tanpa have atau be, dan dalam kalimat ini kata kerjanya adalah was. Begitupun pada kalimat ke dua, written sebagai adjective dan kata kerjanya adalah appeared.

 

Sumber :  http://bunda-agadan.blogspot.com/2011/04/persiapan-toefl-latihan-structure-skill.html